Peringatan Hari Buruh di Jalan MH Thamrin, Jakarta pada 2013.

 

Beritainternusa.com, Serang – Polda Banten mengatakan May Day tahun 2018 diharapkan kepada buruh melakukan kegiatan sosial. Komunikasi dan koordinasi antara beberapa serikat pekerja sudah dilakukan agar kegiatan May Day sesuai dengan konsep Kementerian Tenaga Kerja yang mengusung tema May Day is Fun Day.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan perserikatan buruh. Tahun ini kita prioritaskan May Day ini semacam kegiatan syukuran, kegiatan bakti sosial, donor darah dan sebagainya,” kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Serang, Banten, (30/4/2018).

Selain kegiatan sosial seperti donor darah, di beberapa tempat juga akan dilakukan kegiatan seperti sukuran bersama buruh di Kabupaten Tangerang. Juga di Cilegon akan dilakukan syukuran dan disediakan panggung bersama untuk para buruh.

“Harapan kita seperti tahun kemarin khusus di wilayah kita di Banten kegiatan May Day terlaksana dengan baik sesuai tema yang diusung terlaksana,” ujarnya.

Tapi, selain mengadakan panggung sukuran bersama dan kegiatan sosial, Kapolda menuturkan ada perwakilan serikat buruh yang memang akan berangkat ke Jakarta. Kepolisian juga sudah melakukan imbaun agar melakukan kegiatan unjuk rasa di wilayah Banten saja.

Pengamanan pun menurutnya akan tetap dilakukan jika ada buruh yang akan melakukan aksi di Banten. Jika ada pergerakan dari massa buruh, maka kepolisian menurutnya siap melakukan pengamanan dan pengawalan.

“Kalau memang harus berangkat, kita harapkan berangkat tidak usah mengajak kawan-kawannya dan upaya paksa itu yang tidak kita inginkan,” paparnya.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Syafruddin meminta agar May Day dilakukan di masing-masing daerah. Buruh bisa melaksanakannya dengan unjuk rasa, atau dengan bentuk perayaan lain.

“Diusahakan di tempat masing-masing. Pak Gubernur, (May Day) di Banten, di Banten ya,” kata Syafruddin sambil meminta kepada gubernur Banten Wahidin Halim di Pandeglang, Minggu (29/4/) kemarin.

Ia juga sudah memastikan bahwa, perayaan May Day baik yang akan dilakukan di Jakarta, dan daerah lain pengamanannya sudah siap dilakukan oleh jajaran kepolisian. Semua Polda diminta untuk menyiapkan pengamanan perayaan tahunan bagi buruh tersebut.

“May Day sudah siap. DKI sudah siap pengamanannya (juga) semua Polda. Kita serahkan ke Polda-polda saja, Mabes hanya memantau saja,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here