Suasana bagi-bagi sembako di Monas

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Warga memenuhi lapangan Tugu Monas, Jakarta Pusat, untuk menghadiri acara bagi-bagi sembako gratis yang diadakan Forum Untukmu Indonesia (FUI). Untuk mendapatkan sembako, warga sebelumnya harus memiliki kupon.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikcom, ada tiga jenis kupon yang dibawa oleh warga untuk menghadiri acara ini. Kupon berwarna biru untuk sembako gratis, kupon berwarna oranye untuk makanan gratis, dan kuning untuk kupon hadiah.

Satu kupon berlaku untuk satu item barang. Adapun sembako yang dibagikan berupa beras 1 kg, minyak 0,5 kg, dan 3 mie instan. Sedangkan kupon makanan berisi roti atau nasi dengan lauk orak-arik tempe dan nugget.

Aan (50), warga Jalan Tanjung Duren Timur, RT08/RW06, Grogol, Jakarta Barat ini mengatakan setiap anggota keluarga di wilayahnya akan diberikan 1 kupon sembako dan makanan, jadi satu orang dua kupon. Kupon itu berikan oleh salah satu penggurus RT pada Jumat (27/4) siang kemarin.

“Ibu mendapatkan dari RT, dapat 2 kupon sembako dan 2 makanan. (Ada 4 kupon) karena untuk Ibu dan anak Ibu,” kata Aan kepada detikcom, di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4).

“Ada beras 1 liter sama 3 bungkus mie. Kupon makanan belum (ditukarkan), katanya dapat nasi atau roti,” jelasnya.

Aan mengatakan berangkat sekitar pukul 08.00 WIB bersama rombongan dari lokasi tempat tinggal yang sama. Ia berangkat menggunakan mikrolet yang telah disediakan. Total ada 6 mikrolet yang disediakan.

“Ada 6 mikrolet biru tadi yang berangkat rombongan. Nggak tahu siapa yang sediakan. Pokoknya kalau berangkat naik (mikrolet) boleh, kalau mau berangkat sendiri juga boleh,” kata Aan.

Hal senada juga disampaikan Lusy (48). Warga tangerang itu berangkat menumpang mikrolet yang telah disediakan bersama tetangganya. Lusy mengaku mendapatkan kupon itu dari tetangganya.

“Saya kupon 1 saja, sembako dapat beras makanan dapat roti, dan hadiah belum, katanya nanti malam. Berangkat sama rombongan naik mikrolet tujuan Kota. Nggak tahu siapa yang (sediakan), kalau nggak salah RT,” ucapnya.

Berbeda dengan Aan dan Lusy, Samini (55), warga Jalan Kabel Atas, Rawasari, RT 10/RW09 ini mendapatkan 9 kupon sembako gratis. Ia mengaku sebagian kupon itu didapat dari iparnya.

“Dapatkan Jumat siang, dibagikan sama tetangga. Tetangga dapat dari mana kurang tahu. Dari tetangga dapat 2 kupon, dan sembako. Tapi hanya dapat kupon sembako dari ipar saya ada 9 sembako dan 5 sembako makanan dan hadiah. Enggak tahu juga dapat dari mana,” ucap Samini.

Pantauan detikcom, sejumlah warga pun mulai mengantri sejak pukul 09.30 WIB menukarkan kupon tersebut. Hingga pukul 12.30 WIB antrean masih berlanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here