peserta Kabupaten Katingan saat menerima hadiah dan Penghargaan

 

Beritainternusa.com, Palangka Raya –  Lomba Kecakapan Pramuka Taruna Tingang Utama (Taruna Tingang Scout Competition II)  (TTU-SC II)  Se-Kalimantan Tengah 2018 yang diselenggarakan Gudep 227—228 Pangkalan SMAN 5 Palangka Raya pun berakhir. Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Sipet Hermanto hadir dan berkenan menutup kegiatan yang telah berlangsung selama empat hari, 19—22 April 2018 ini.

Dalam sambutan penutupannya Sipet mengingatkan agar para anggota Pramuka bisa membentengi diri, keluarga, sekolah, dan masyarakat dari berbagai pengaruh luar yang negatif.

peserta Kabupaten Katingan saat menerima hadiah dan Penghargaan

“Saat ini kita dihadapkan pada banyaknya kasus yang memprihatinkan. Kasus pengonsumsian miras oplosan yang merenggut jiwa serta korban penyalahgunaan narkoba terus saja berjatuhan. Oleh karena itu, Pramuka harus bermental kuat sebagai generasi yang antimiras dan antinarkoba,” katanya di hadapan ratusan anggota Pramuka dari puluhan gugus depan penggalang dan penegak.

Sipet berharap gerakan Pramuka di Kalteng juga dapat menjadi pelopor yang mampu terus merekatkan persatuan bangsa di tengah keberagaman.

“Kiprah nyata Pramuka tak hanya dalam kegiatan lomba seperti di TTU-SC II ini. Wujudkan dalam kehidupan sehari-hari pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma, tak hanya dalam kata. Pramuka harus menjadi generasi yang bertakwa, berkarakter, disiplin, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita yakin melalui kegiatan kepramukaan kita dapat turut menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang mampu bersaing di tingkat global,” imbuhnya.

Dalam suasana sore yang cerah, para peserta TTU-SC II itu tampak tetap bergembira dan bersemangat. Apalagi, pengumuman para juara  dari belasan aneka lomba kepramukaan membuat mereka seperti tak mengenal lelah.

peserta Kabupaten Katingan saat menerima hadiah dan Penghargaan

Luar biasa!  Juara umum tingkat penggalang diraih kembali oleh Gudep 015-016 Ki Hajar Dewantara, SMPN 1 Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Bahkan,  juara umum tingkat penegak juga kali ini berhasil direngkuh oleh Gudep 08.009-010 Tumenggung Tuyang, SMA Swasta Garing Tarantang, Kabupaen  Katingan juga. Kedua gudep tersebut pun berhak memboyong piala bergilir setelah dinyatakan memperoleh raihan prestasi terbaik dan terbanyak memperoleh juara 1 dari 15 bidang yang dilombakan, seperti orasi, film pendek, pionering, Karikatur Baden Powell, poster, dan LKBB.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Drs. Arbusin, selaku  Ketua Majelis Pembina Gugus (Mabigus) bersyukur kegiatan berlangsung lancar meski lapangan sempat terendam air hujan. Dengan didampingi Wakasek Kesiswaan, Jonkenedy, M.Pd, beliau turut bergantian  dengan pengurus Kwarda menyerahkan piala dan sertifikat kepada para juara.

“Terima kasih dan sukses untuk seluruh peserta TTU-SC II yang berpartisipasi dengan jumlah yang lebih banyak tahun ini. Terima kasih pula kepada panitia yang  bekerja keras luar biasa. Mudah-mudahan ini akan melahirkan jiwa Pramuka yang rela berkorban dalam kehidupan,” katanya berharap.

Para Pembina, seperti Yuseftu Leluno, M.Pd., Christina Nopriani, M.Pd., Yuyun Hendrati, S.Kom, dan Hendra Tri Surya, S.Pd., yang selalu terjun langsung selama kegiatan berlangsung turut bergegas memungkasi kegembiraan dan kemeriahan yang kian memburu senja temaram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here