Ilustrasi Geanjil Genap

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memajukan system Ganjil Genap di jalur Sudirman-Thamrin. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengklaim selama ini sistem itu efektif menekan kemacetan di ibu kota.

“Saya sangat setuju karena akan mengurangi kepadatan, juga (penggunaan) kendaraan. (Ganjil genap) sudah efektif,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/4).

BPTJ memang mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta supaya memajukan waktu penerapan sistem ganjil genap di ruas jalan Jenderal Sudirman – MH Thamrin, Jakarta Pusat, dari pukul 07.00 – 10.00 WIB menjadi pukul 06.00 – 09.00.

Kebijakan itu diterapkan untuk mengurai kemacetan di tol Cawang pasca penerapan sistem ganjil genap di ruas tol Jagorawi dan Tangerang-Jakarta. Halim juga menyebut perluasan waktu ganjil genap akan diterapkan di seluruh jalan protokol di Jakarta.

“Dan ini juga ada wacana untuk (ganjil-genap) diberlakukan di seluruh wilayah, seluruh protokol tapi itu baru wacana,” ujarnya.

Selain mendukung perluasan ganjil-genap, Halim juga menyarankan supaya Pemprov DKI Jakarta mau membuat marka khusus bagi kendaraan saat pelaksanaan Asian Games 2018. Halim ingin supaya setiap kendaraan dapat menuju lokasi dengan kecepatan 80 kilometer per jam, dibandingkan sebelumnya yang hanya 60 kilometer per jam.

“Jadi ada marka khusus di jalur dari menuju bandara, menuju Kemayoran, dan menuju ke Venue,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here