Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Warga Desa Monggol mengeluhkan biaya mahal yang dibebankan saat pembuatan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTLS). Hal tersebut diungkapakan Rajiyo warga dusun Monggol, Saptosari saat ditemui, Kamis (12/4/2018).

“Pungutan yang pertama sejumlah Rp 200 ribu dan mendapatkan bukti pembayaran berupa kwitansi, dari keterangan kwitansi tertulis untuk pembayaran patok, materai, dan biaya PTSL sedangkan yang kedua berjumlah Rp 400 ribu, tetapi yang Rp 400 ribu itu tidak ada bukti pembayaran,” ungkapnya.

Ia mengaku tidak mengetahui pembayaran Rp 400 ribu itu bertujuan untuk apa. Perwakilan desa meminta tandatangan yang dimana warga tidak mengetahui apa yang ditandatangani. “Desa meminta tandatangan dan tidak ada keterangan dalam kertas yang ditandatangani para warga, hanya seperti tandatangan absensi,” terangnya.

Menurutnya, pihak desa tidak pernah mensosialisasikan mengenai tambahan biaya sebesar Rp 400 ribu tersebut. “Pihak desa tidak pernah mensosialisasikan adanya tambahan biaya sebesar Rp 400 ribu, jadi totalnya kami membayar Rp 600 ribu,” ungkapnya.

Warga lain, Ngadino mengeluhkan hal yang serupa. Ia juga harus membayar total Rp 600 ribu untuk pengurusan PTLS. “Pungutan waktu bulan puasa 2017 besarannya Rp 200 ribu yang kedua Rp 400 ribu, dari pihak desa menginformasikan setelah membayar sertifikat jadi,” terangnya.

Terpisah, Kepala Badan Pertanahan Ahmad Suraya menjelaskan bahwa untuk pengurusan PTLS ada biaya yang harus dipenuhi oleh masyarakat.

“Memang ada biaya yang harus dipenuhi oleh masyarakat, dan itu dibagi menjadi beberapa wilayah, Jawa dan Bali ada biaya sebesar Rp 150 ribu, yaitu untuk kegiatan penyiapan dokumen, pengadaan Patok dan Materai, serta kegiatan operasional petugas kelurahan,” terangnya.

Sedangkan Kepala Desa Monggol Lasiyo saat dihubungi Tribunjogja memilih bungkam perihal tersebut.”Saya sudah dipanggil oleh tipikor untuk memberikan keterangan, jika ingin keterangan lengkap bisa langsung menghubungi tipikor,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here