Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – KPU Kabupaten Gunungkidul menambah Daerah pemilihan (Dapil) dari 5 dapil menjadi 6 dapil. Penambahan Dapil ini dilakukan atas dasar undang- undang dan dari pihak KPU menerbitkan Petunjuk teknis (Juknis) yang mengharuskan setiap dapil hanya boleh 10 kursi.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Zainuri ikhsan saat ditemui, Selasa (10/4/2018).

“Dari segi data kami sudah sampaikan ke tiap partai, dengan adanya penambahan dapil ini maka ada penambahan TPS sekarang sedang dipetakan, karena ada perbedaan data dari pusat dan daerah,” terangnya.

Ia melanjutkan adanya perbedaan data pemilih KPU Kab Gunungkidul mencatat ada 630 ribu tetapi data dari KPU pusat mencapai 660 ribu data pemilih. Pihaknya menduga adanya data pemilih ganda yang tercatat di KPU pusat, karena ada perubahan nama dan pindah penduduk.

“Bisa jadi data ganda tersebut karena ada perubahan nama di KTP lama dengan e-KTP, sebagai contoh adanya orang yang merubah dari nama muda, ke nama tua, lalu adanya perpindahan penduduk jadi ia tercatat didua tempat,” terangnya.

Selanjutnya Ikhsan menjelaskan sosialisasi penambahan dapil sekarang baru menggunakan sarana online. Senin besok pihaknya baru akan melakukan sosialisasi tatap muka.

“Dalam sosialisasi esok fokusnya adalah pemutakhiran data pemilih, tetapi mengenai dapil juga akan kita sosialisasikan,” terangnya.

Ikhsan juga mengatakan dengan adanya penambahan dapil diharapkan ada pemerataan wakil rakyat, harapannya minimal satu kecamatan mempunyai wakilnya sehingga aspirasi masyarakat dapat tertampung.

“Kami mencoba pemerataan kursi pada dapil, jika ada masyarakat yang mengutarakan aspirasinya itu dekat,” terangnya.

Sedangkan Suharno selaku ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul mengatakan tidak ada masalah mengenai penambahan dapil tersebut karena pemerintah sudah menetapkan seperti itu.

“Kami tidak ada masalah mengenai penambahan dapil, karena sudah ditetapkan oleh pemerintah, tinggal kita akan lebih mensolidkan teman-teman kami,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan penambahan dapil ini dapat membangun Gunungkidul lebih baik serta pendekatan para calon anggota dewan dapat lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here