dr Terawan Agus Putranto

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Pemecatan sementara dr Terawan Agus Putranto dari keanggotaan IDI karena dugaan pelanggaran kode etik kedokteran terkait terapi ‘cuci otak’ membuat heran Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Padahal, Bamsoet mengatakan metode penyembuhan dr Terawan ampuh.

Bamsoet menceritakan bagaimana koleganya di Golkar yang juga eks Ketua DPR Ade Komarudin (Akom) sakit di bagian otak lalu ditangani dr Terawan. Hasilnya, kondisi Akom disebut Bamsoet membaik.

“Sahabat terdekat saya Pak Akom itu ditangani dr Terawan dan berjalan baik di sana,” ujar Bamsoet di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Untuk diketahui, Akom menjalani operasi di bagian kepala pada Rabu (10/1). Operasi dilakukan untuk menyembuhkan sakit pembuluh darah di batang otak.

IDI tak hanya memecat semetara dr Terawan, namun mencabut izin praktiknya. Bamsoet menyesalkan kebijakan tersebut karena menurutnya dr Terawan masih menangani beberapa pasien, termasuk Akom.

“Kalau dia tiba-tiba tidak boleh praktik repot juga, dia masih ditangani dr Terawan dan masih berjalan sampai saat ini,” tutur Bamsoet.

Bamsoet menyebut pemecatan dr Terawan menimbulkan polemik di masyarakat. Dia meminta IDI memberi penjelasan gamblang sembari menyebut Kementerian Kesehatan bertindak.

“Kemenkes harus melibatkan diri untuk melihat secara jernih agar ini tidak jadi polemik. Ini kalau dibiarkan tidak menguntungkan juga bagi masyarakat, terutama orang yang berharap banyak terhadap kesembuhan dan keahlian dr Terawan itu sendiri,” ucap Bamsoet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here