Beritainternusa.com, Jakarta – Demi meningkatkan kecepatan dalam merespons kecelakaan dan bencana di seluruh Indonesia, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) meresmikan gedung baru Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi, S.Sos., M.M meresmikan gedung ini dengan ditandai pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Pada kesempatan tersebut, ia juga membacakan laporan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Djunaedi.

Turut hadir dalam peresmian ini ini di antaranya PLT Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Kapolda Sulawesi Tenggara, Danlanud, BNN, Dit Polair Polda Sulawesi Tenggara, dan beberapa instansi terkait lainnya.

M Syaugi mengungkapkan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari memiliki wilayah cakupan provinsi yang sangat luas, yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan. Maka Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah serta seluruh lapisan masyarakat.

Ia berharap keberadaan gedung baru ini dapat membantu meningkatkan dan mempercepat response time saat terjadi suatu kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia. Tujuannya yakni menghasilkan pelayanan SAR yang lebih cepat, tepat, dan efektif.

“Peresmian gedung baru ini juga sebagai wujud rasa syukur atas terpenuhinya sarana prasarana dalam rangka mewujudkan tekad pelayanan yang terbaik bagi manusia,” kata M Syaugi dalam keterangan tertulisnya.

Namun yang lebih penting, lanjutnya, para personel harus memiliki kedisiplinan, integritas, dan dedikasi yang tinggi baik dalam pelayanan SAR maupun pembinaan potensi.

Ia juga berpesan agar seluruh pejabat maupun pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis dengan pemerintah daerah serta menjaga kekompakan dengan seluruh instansi terkait agar seluruh tugas dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Teguh Setyabudi yang turut hadir dalam peresmian ini baik berharap kehadiran gedung baru dapat meningkatkan kinerja seluruh jajaran Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari.

“Tadi saya lihat ada tulisan semakin cepat dan aman, tapi menurut saya ditambah menjadi semakin cepat, berkah. Saya harapkan kinerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari akan semakin meningkat seiring peresmian kantor yang megah. Mudah-mudahan kinerja sama yang baik selama ini dapat terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here