Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diimbau agar tidak terlalu bergantung kepada pemerintah.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Asisten Sekretaris I (Assek I) Pemkab Gunungkidul, Sudodo pada saat ditemui Tribunjogja di acara gebyar penguatan anak, Kamis (29/3/2018).

“Dalam pengelolaan PAUD atau TK ini kan masih ketergantungan dari dana Kemensos, harapannya kedepan adalah mereka tidak lagi tergantung oleh dana yang diberikan kemensos. Dana bisa didapat dari lingkungan sekitar, contoh memberikan infak untuk kegiatan seperti ini, sehingga dapat mempererat tali silahturahmi,” jelasnya.

Ia menjelaskan apa yang menjadi tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan bantuan, serta dapat memantau gizi, tumbuh kembang anak, serta kecerdasannya.

“Tujuan dari acara ini adalah, yang ikut dalam acara ini adalah kebanyakan dari keluarga yang tidak mampu, dengan acara ini diharapkan gizinya terpenuhi, perkembangan serta kecerdasannya bisa terjamin jangan sampai terlantar perkembangannya,” paparnya.

Sedangkan dalam sambutan bupati Gunungkidul yang disampaikan Sudodo, Bupati menyampaikan bahwa umur 0-6 tahun adalah umur emas yang membutuhkan nutrisi agar tumbuh kembangnya positif tidak ada hambatan.

“Umur 0-6 tahun adalah umur emas yang membutuhkan nutrisi agar tumbuh kembangnya positif tidak ada hambatan. Hak anak harus kita lindungi, kita harus bisa membangun karakter sedini mungkin anak harus dibekali oleh ketrampilan, kesehatan, manusia luhur,  cerdas dan bertakwa,” jelas Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengatakan mengenai perlunya komitmen dalam mendidik anak dengan cinta kasih penuh, serta dalam keadaan damai agar potensi anak dapat muncul secara maksimal.

“Kami mengharapkan komitmen mendidik anak penuh cinta kasih damai tentram sehingga dapat mengembangkan potensinya,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Siwi Irianti mengatakan saat ini sudah ada kurang lebih 18 Taman Anak Sejahtera (TAS).

“Ada kurang lebih 18, dan sekitar 14 sudah berbadan hukum, tujuan dari pembentukan badan hukum ini adalah agar dapat mengakses bantuan dari kemensos,” ulasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here