Sebagian wilayah Puncak tetap dibuka meski ada longsor

 

Beritainternusa.com, Bogor – Longsor kembali terjadi di Puncak Pas, Cianjur, Jawa Barat. Tiga bangunan dilaporkan roboh akibat peristiwa ini.

“Dari hasil pengecekan petugas Kepolisian dan Dinas PU terdapat 3 bangunan RM Puncak Pas yang mengalami kerusakan di antaranya, Kamar dan dapur,” kata Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana
Longsor diduga dipicu adanya amblasan pada bronjong yang terpasang di lokasi pascaperistiwa longsor di wilayah tersebut beberapa waktu lalu. Bronjong tersebut amblas sedalam 40 meter dengan panjang kurang lebih 150 meter.

“Bronjong di lokasi Puncak Pas (Cianjur) amblas dengan kedalaman 40 meter dan panjang lebih kurang 150 meter, sampai saat ini masih ada pergerakan tanah apabila ada getaran atau pergerakan dari kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” terang Rendy.

Upaya yang dilakukan petugas antara lain penutupan akses untuk kendaraan roda empat di Pos jabar 9. “Untuk motor masih bisa melintas, anggota kita masih berada di lokasi melakukan pengalihan arus,” sambung Rendy.

Kawasan Puncak tetap dibuka untuk masyarakat yang akan berlibur. Penutupan arus lalu lintas dari arah Ciawi ke Cianjur hanya dilakukan mulai dari perkebunan teh Gunung Mas hingga Ciloto.

“Kalau dari bawah dari Jakarta masih dibuka, boleh naik (ke puncak), cuma setelah perkebunan teh tidak boleh lanjut ke atas,” kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading, Kamis (29/3/2018).

“Mau ke Taman Safari bisa, ke kebun teh saja masih bisa. Cuma kita sekat mulai dari Gunung Mas,” tambah Dicky.

Kendaraan dari bawah akan diputar di perkebunan teh Gunung Mas. Hanya motor dan kendaraan proyek saja yang boleh melintas.

“Pertimbangannya keselamatan, sehingga kita tutup,” ujarnya.

Penutupan Puncak Pass dilakukan karena adanya longsor di lokasi. Saat ini tim dari Kementerian PUPR dan polisi masih melakukan penelitian di lokasi.

“Dari Kementerian PUPR melakukan investigasi penyebab longsor. Untuk sementara akibat adanya pergeseran tanah,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here