Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul  – Memperingati napak tilas gerilya panglima besar Jenderal Sudirman dan Peringatan Hari Kartini, OASE dan Dharma Pertiwi menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan pada Jumat (23/3/2018).

Acara yang juga merayakan hari ulang tahun ke 54 Dharma Pertiwi ini dihadiri kurang lebih 6000 pasien.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang ikut hadir dalam acara ini mengatakan kegiatan baksos merupakan darma bakti TNI terhadap masyarakat.

“Kegiatan baksos merupakan perwujudan darma bakti TNI terhadap masyarakat. Acara ini dilaksanakan secara spontan, TNI ingin meningkatkan derajad keesehatan masyarakat sekitar kampung bedoyo, mudah-mudahan tidak hanya dihadiri oleh warga kampung bedoyo,” tuturnya.

Selanjutnya Panglima menuturkan, dalam rangkaian acara ini ada beberapa pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

“Kegiatan hari ini adalah operasi katarak, operasi bibir sumbing, pembagian alat pendengaran, dan lain lain, selain itu tujuan rangkaian acara ini adalah memberikan nilai-nilai perjuangan khususnya kepada taruna tingkat satu, serta memiliki karakter prajurit pejuang dan pejuang prajurit, serta memiliki rasa cinta terhadap rakyatnya dengan bakti sosial diharapkan para taruna mengenal rakyatnya,” jelasnya.

Sebelum kegiatan baksos diadakan, taruna-taruni Akmil mengikuti napak tilas jejak panglima besar Jenderal Sudirman saat gerilya dengan rute Bantul-Bedoyo Gunungkidul.

“Meneladani perjalanan rute Jenderal Sudirman mengandung nilai pejuangan, mereka memiliki karakter prajurit pejuang yang dicintai masyarakat,” kata Marsekal Hadi.

Sedangkan Suwonto, warga desa Banaran yang juga menjadi pasien dalam acara ini mengungkapkan bahwa acara bakti sosial ini memerlukan perbaikan lagi, terutama koordinasi antara pusat dengan daerah.

“Informasi yang didapat oleh para calon pasien adalah pembagian kacamata untuk semua umur, sedangkan di lapangan ternyata hanya membagikan kacamata baca untuk umur 40 tahun keatas, tetapi memang keseluruhan sudah bagus pelayananya positif sekali bahkan diharapkan ke depannya harus ada lagi,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here