Jogja.beritainternusa.com, Yogyakarta – Pemandangan berbeda terlihat di Titik Nol Kilometer, khususnya di depan Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta pagi ini, Selasa (20/3/2018) pagi.

Nampak beberapa anggota Satlantas Polresta Yogyakarta berdiri di ruas jalan tersebut sembari memberikan himbauan dan peringatan kepada para pengguna jalan lewat pengeras suara. Selain itu, sesekali petugas menghentikan pengendara yang kedapatan memboncengkan anaknya tanpa menggunakan helm.

Bukan untuk ditilang, ternyata anak tersebut diberikan sebuah helm secara cuma-cuma oleh petugas Satlantas Polresta Yogyakarta. Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo didampingi Kanit Dikyasa Polresta Yogyakarta, Iptu Marija mengatakan kegiatan yang dilakukan pihaknya pagi ini merupakan bagian dari gelaran Operasi Keselamatan Progo 2018.

Menurutnya, dalam operasi tersebut pihaknya memang menekankan upaya preemtif dan preventif guna menekan angka laka lantas dan fatalitas kecelakaan di Kota Yogyakarta.

Lanjut Kasatgas Preemtif Operasi Keselamatan Progo 2018 Polresta Yogyakarya ini, sebagai bentuk upaya preemtif yang dilakukan maka pihaknya membagikan puluhan helm gratis kepada anak-anak yang kedapatan belum menggunakan helm saat membonceng sepeda motor.

Ia menilai bahwa budaya berkendara yang berkeselamatan harus ditanamkan sejak dini.

“Ini (bagi helm gratis) sudah dilakukan sejak kemarin, Senin (20/3/2018). Total helm yang akan dibagikan ada 75 helm, untuk titiknya di perempatan Tugu Pal Putih dan Titik Nol Kilometer ini. Di Titik Nol hari ini kita bagikan 15 helm dan kemarin sudah 10 helm,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here