Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul siapkan land banking untuk antisipasi oknum warga yang menjual tanah dengan harga yang tidak masuk akal.

hal tersebut diungkapkan drh Krisna Berlian selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Selasa (20/3/2018) di Bangsal Sewokoprojo.

“Untuk mengatasi oknum-oknum warga sekitar tempat pariwisata mempermainkan harga tanah kami dalam rapat tadi akan mengantisipasi dengan program land banking, garis besar land banking adalah nantinya pemerintah daerah akan menyediakan tanah untuk investor bisa dengan sewa atau menjualnya,” tuturnya.

Menurutnya, oknum yang mempermainkan harga tanah akan menyulitkan investor yang akan masuk ke daerah-daerah wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Ia menegaskan, sektor pariwisata juga perlu dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Sektor pariwisata memang unggul di Gunungkidul tetapi tidak bisa berdiri sendiri perlu integrasi dan dukungan dari OPD sekitarnya. OPD akan ikut mendukung mendorong Dinas Pariwisata sehingga visi misi di bidang pariwisata dapat terpenuhi,” katanya.

Krisna mengatakan bahwa UMKM juga dapat menjadi sebuah tujuan wisata, serta OPD lain dapat ikut serta berkontribusi.

“Sebagai contoh UMKM di bidang kuliner seperti belalang, keripik, jika dikemas dalam kemasan yang baik dan dipasarkan di sebuah tempat yang strategis dapat menarik wisatawan, OPD lain seperti pertanian tanaman pangan dapat memasok bahan baku yang dibutuhkan UMKM,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya mendapat masukan untuk memberikan hadiah atau penghargaan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang mampu mengelola tempat wisata dengan baik.

“Kami tadi mendapatkan masukan-masukan mengenai pemberian penghargaan atau hadiah kepada Pokdarwis yang mampu mengelola dengan baik tempat pariwisatanya, dan jika di tempat wisatanya sudah ada Bumdes pemerintah dapat masuk membantu lewat Bumdes tersebut,” terangnya.

Selanjutnya Bupati Gunungkidul Badingah dalam sambutan Musrenbang mengatakan diperlukan program-program inovatif agar taraf hidup masyarakat Gunungkidul lebih maju, serta mengoptimalkan pariwisata maju 2019.

“Harapannya ke depan pariwisata di Gunungkidul dapat sebagai industri dan dapat mensejahterakan masyarakat Gunungkidul,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here