Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Suharno, SE menggelar inspeksi mendadak untuk melihat jalan rusak pada Senin (19/3/2018) di daerah Selang Gunungkidul.

Ia menuturkan bahwa daerah tersebut merupakan daerah kerajinan sangkar burung.

Untuk itu perlu adanya akses untuk menuju dusun tersebut agar pembeli tidak kesulitan dalam mengakses dusun kerajinan tersebut.

“Industri sangkar burung di daerah Semanu sudah terkenal sejak dahulu, pembeli akan malas jika ingin membeli di sana karena jalanan yang rusak parah,” terangnya.

Suharno menjelaskan, masyarakat tidak mampu untuk membuat kawasan pertokoan dipinggir jalan sehingga mereka terpaksa membuka lapak di rumahnya sendiri.

Akses jalan yang baik, lanjutnya, dapat mendatangkan pembeli maupun tengkulak dari berbagai daerah.

“Dengan adanya akses jalan yang mudah diharapkan ke depannya ekonomi kerakyatan di dusun tersebut dapat berkembang karena pembeli maupun tengkulak dapat dengan mudah menuju ke rumah-rumah pengrajin tersebut,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa jalan rusak di daerah Semanu, serta Selang terakhir diperbaiki 15 tahun yang lalu, perbaikan pertama dilakukan oleh swadaya masyarakat lalu yang kedua oleh pemerintah daerah.

Selanjutnya Wardoyo selaku Kepala Desa Selang mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang dan terbantu dengan adanya sidak yang dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul.

“Kami senang aspirasi kami didengar oleh pejabat, mengingat daerah tersebut merupakan daerah pengrajin sangkar burung dan serat nanas, diharapkan dengan perbaikan jalan ini dapat menumbuhkan sektor ekonomi di pedesaan, dengan jalan yang enak dilewati konsumen dapat mengakses dengan mudah,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here