Foto: ORI Jakarta Raya diresmikan.

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Ombudsman RI (ORI) membuka kantor cabang Jakarta Raya. ORI Jakarta Raya ini didirikan karena sebagian besar aduan masyarakat datang dari DKI Jakarta.

Laporan yang masuk ke ORI meningkat dari tahun ke tahun. Ketua ORI Amzulian Rifai menyebut ada 9.000-an aduan yang diterima ORI pada tahun 2017.

“Salah satu fungsi pembentukan ORI menjamin praktik ketatanegaraan untuk good governance. Lapiran ke ORI ini meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2015 itu 6.000-an, tahun 2016 meningkat jadi 9.030, dan 2017 masuk 9.258,” kata Amzulian Rifai di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Sabtu (10/3/2018).

Dari jumlah tersebut, ORI melihat tingginya aduan masyarakat untuk layanan publik di DKI Jakarta. Ini menginisiasi dibentuknya ORI Jakarta Raya.

“Kenapa dibentuk ORI Jakarta Raya? Karena dari 9.258 laporan yang kami terima, lebih dari 2.000 laporan berasal dari Jakarta Raya. Yang 7.000-an tersebar di seluruh indonesia. Jadi penting untuk membentuk kantor perwakilan Jakarta Raya ini.

Pembentukan kantor perwakilan ini juga disebut Amzulian untuk memperkuat ORI dan memperpendek ruang kendali sehingga ORI ke depan lebih mudah dijangkau masyarakat untuk menyampaikan laporan. Pembentukan kantor cabang ini mulai berjalan pada periode kepemimpinan sebelumnya, Danang Girindrawardana. Bahkan disebutnya ada permintaan dari Komisi II DPR untuk membuka perwakilan di tingkat kabupaten/kota.

“Ke depan, yang ingin kami lakukan adalah trust dari publik. Kami harapkan trust. Melalui pembentukan Ombudsman Jakarta Raya jadi bisa dikenal, mudah dijangkau publik,” tutur Amzulian.

Selain kantor perwakilan, ORI merilis website sebelumnya. Dari laman itu, Amzulian berkata masyarakat bisa menngakses dan melacak laporan yang disampaikannya, termasuk mengecek sejauh mana proses aduan, hingga kapan target penyelesaiannya.

Pembukaan kantor cabang ini juga bertepatan dengan peringatan 18 tahun berdirinya ORI pada 10 Maret 2018. Ombudsman berharap dengan inovasi yang telah berjalan sejauh ini bisa melayani publik lebih baik.

“Kami menghargai pendahulu kami yang telah berjuang untuk ORI dan kami akan terus bekerja keras dengan semangat. Kami yakin ke depan ORI bisa lebih baik,” ucap Amzulian.

Dalam acara ini turut hadir Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Dominikus Dalu, Sekda DKI Jakarta Saefullah, Sekda Kota Depok Hardiono, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kakanwil BPN) DKI Jakarta M Najib Taufieq, serta Anggota ORI periode sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here