Jogja.beritainternusa.com, Gunungkidul – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Gunungkidul diharapkan dapat bersikap netral. Mereka yang terlibat partai politik atau terlibat dalam kegiatan politik bisa dikenakan sanksi bahkan terancam dipecat jika terbukti.

Komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul, Yuda Ayu Nindyaningtyas, mengatakan, pihaknya menerapkan seleksi yang panjang untuk memilih sebanyak 54 calon anggota PPK.

Dimulai dari pendaftaran dan penerimaan berkas, KPU satu per satu akan menelitik administrasi kelengkapan calon anggota PPK. Tak sampai di situ, KPU pun juga akan melakukan wawancara terhadap pendaftar, terkait rekam jejak para pendaftar.

Para pendaftar juga diminta membuat surat pernyataan bermaterai tidak menjadi anggota Parpol paling singkat lima tahun.

“Surat tersebtu ditandatangani menggunakan materai, masing-masing pendaftar tidak menjadi anggota Partai Politik. Kami pun akan telusuri betul atau tidaknya,” tuturnya.

Yuda mengatakan, jika dikemudian hari diketemukan anggota PPK yang terlibat Partai Politik, KPU akan melakukan tindakan tegas baik dengan pencopotan atau sanksi lain sesuai rekomendasi dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas).

“Tergantung rekomendasi dari Panwas, nanti panwas akan melakukan pengawasan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here