Foto: JK dan Menlu Retno di Kemenlu

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar rapat tertutup bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI). Rapat tersebut membahas rencana pertemuan ulama Indonesia, Afghanistan, dan Pakistan untuk penyelesaian konflik di Afghanistan.

“Tadi kita bicara tentang persiapan pertemuan para ulama Afghanistan, Pakistan, Indonesia yang insya Allah direncanakan bulan ini. Pertemuan itu kita harapkan menghasilkan suatu kesepakatan atau fatwa bersama bagaimana menghadapi mendamaikan Afghanistan,” ujar JK usai pertemuan di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Menurut JK pertemuan ulama tersebut sangat penting untuk membantu penyelesaian konflik di Afghanistan. Hal ini karena fatwa ulama sangat di dengar di Afghanistan.

“Karena di Afghanistan dan seperti di Indonesia juga, suara alim ulama itu sangat penting. Jadi pertemuan ini hasilnya kita harapkan sebagai payung sebelum ada pertemuan perdamaian yang lebih teknis,” ucap JK.

Pertemuan ulama ketiga negara tersebut akan berlangsung di Jakarta pada akhir bulan ini. Rencananya masing-masing negara akan mengirimkan 15 ulamanya.

Selain itu, pertemuan JK ke Afghanistan beberapa wakti lalu menghasilkan kesepakatan agar adanya payung agama untuk penyelesaian konflik Afghanistan.

“Itu kesepakatan yang kita capai dalam pertemuan di Afghanistan bahwa perlu ada payung dari sisi agama, pandangan ulama tentang perdamaian ini. Itu yang kita sepakati,” imbuh JK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here