Konsep trotoar Sudirman-Thamrin

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Konsep penataan trotoar Sudirman-Thamrin telah diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari konsep penataan yang dipaparkan, akan ada berbagai fasilitas yang memanjakan pejalan kaki.

Anies mengatakan sepanjang trotoar tersebut akan dihiasi motif batik Nusantara. Panggung budaya juga akan disediakan di beberapa titik trotoar.

“Sekali kita, menata harus bertahan untuk tahun-tahun yang akan datang. Dan fasilitas ini di sudut jalan, seperti di Patung Pemuda, akan menjadi tempat macam panggung kesenian dan budaya. Jalan ini awal menghidupkan kembali ruang ekspresi pasca-jam kantor atau istirahat,” kata Anies dalam sosialisasi trotoar di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Sarana musik dan ekspresi budaya juga ada di sekitar kolong jembatan Semanggi. Trotoar nantinya akan dibangun selebar 8 meter di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin, yang jaraknya mencapai 6 kilometer.

“Di Semanggi akan menjadi ruang kebudayaan. Ini nanti weekend menjelang malam warga bisa merasakan suasana yang berbeda,” jelasnya.

Anies mengaku terlibat langsung dalam penyusunan desain penataan trotoar Jl Sudirman-MH Thamrin. Dia ingin trotoar di Sudirman-Thamrin jadi lokasi interaksi antarwarga dan akan dijadikan ruang ekspresi pusat budaya dan kesenian. Warga yang menyusuri sepanjang trotoar akan disuguhi berbagai bentuk kesenian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here