Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap para pengelola gedung ikut membantu proses penataan trotoar Sudirman-Thamrin. Dia meminta pengelola gedung untuk mengubah desain pagar yang membatasi antara gedung dengan trotoar.

“Jadi tadi saya sampaikan kepada pemilik gedung, masing-masing gedung itu desainya beda-beda dan tiap-tiap gedung memiliki orientasi yang berbeda-beda. Karenanya pesannya adalah buat pagar atau pembatas yang soft, pembatas yang soft itu nanti mereka merancang, ada arsitek-arsiteknya,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

“Saya beri contoh saja, pagar yang soft itu seperti apa, bisa dengan menggunakan tanaman yang ketinggiannya tidak mudah dilewati, tapi secara pandangan tidak menghalangi. Itu contoh. Bisa juga dengan air, dibuatkan kolam yang ada kelebarannya sulit untuk dilewati, tapi sebagai pandangan tidak terganggu,” lanjutnya.

Anies ingin gedung perkantoran di kawasan Sudirman-Thamrin khususnya yang berada di area penataan bisa terbuka. Namun, Anies menegaskan, konsep pembatas gedung terbuka juga dibutuhkan aspek keamanan.

“Jadi bukan seperti gedung-gedung yang ada benteng-benteng di depannya. Kita sudah luaskan trotoarnya, jangan sampai di kanan kirinya gedung-gedung dengan benteng-benteng, tembok-tembok yang kokoh, besar, tinggi. Kita ingin membuka suasananya jadi berbeda. Tentu bertahap dan ada aspek security,” katanya.

Anies menyerahkan rancangan pagar soft yang diusulkan kepada seluruh pemilik gedung. Dengan konsep tersebut, Anies berharap suasana trotoar jadi berbeda.

“Saya sampaikan tadi rancangan pembatas yang soft itu banyak sekali contohnya. Tinggal kreativitas mereka, tidak usah diseragamkan, biarkan pembatasnya beragam karena itu akan membuat koridornya jadi lebih indah nantinya,” jelasnya.

Konsep penataan yang dipaparkan Anies akan menghadirkan berbagai fasilitas yang memanjakan pejalan kaki. Anies mengatakan sepanjang trotoar tersebut akan dihiasi motif batik Nusantara. Panggung budaya juga akan disediakan di beberapa titik trotoar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here