Foto: Apel pengamanan sidang PK Ahok

 

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Sidang pemeriksaan berkas perkara (PK) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan digelar pagi ini di eks Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat. Untuk melancarkan lalu lintas di sekitar lokasi, polisi membuat rekayasa.

“Dalam rangka untuk tetap mempertahankan situasi Kamseltibcar lantas berkaitan dengan Sidang PK di Pengadilan Negeri Jalan Gajah Mada, hari ini telah dipersiapan pengaturan lalu lintas,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada wartawan, Senin (26/2/2018).

Budiyanto mengatakan, rekayasa ini dibuat dengan pertimbangan adanya rencana massa yang akan melakukan aksi demo di sekitar pengadilan. Rekayasa lalu lintas dilakukan secara bertahap, melihat dinamika di lapangan.

“Dalam situasi normal arus lalu luntas dari Harmoni arah utara Jl Gajah Mada berlaku seperti biasa,” imbuhnya.

Berikut rekayasa lalu lintas tersebut:

– Arus lalu lintas dari arah Istana sudah dilakukan filter, sebagian dialihkan ke Jln Hasyim Ashari dan sebagian diputar balikan di Jembatan Alayidrus – Harmoni – Juanda- Pasar baru, serta sebagian diluruskan untuk mendorong massa jangan sampai menutup jalan

– Arus lalu lintas dari Jl Ketapang arah Harmoni berjalan normal.

Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan sidang pemeriksaan berkas peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penistaan terhadap agama di eks gedung PN Jakarta Pusat, Jl Gajah Mada. Polda Metro Jaya menyiapkan 2.000 personel untuk mengamankan jalannya sidang tersebut.

“Pengamanan sekitar dua ribuan (personel), akan mengamankan di dalam ruang sidang maupun di luar,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Senin (26/2/2018).

Sidang tersebut diwarnai aksi massa pro dan kontra. Polisi akan menyekat kedua massa agar tidak terjadi bentrokan.

“Rencananya ada dari massa yang pro dan kontra, akan kita sekat,” imbuh Argo.

Massa diimbau untuk tidak melakukan tindakan anarkistis selama beraksi. “Ikuti perintah petugas di lapangan,” ucap Argo.

Polisi memperketat pengamanan di dalam ruang sidang dengan memeriksa barang bawaan pengunjung. Pengunjung dilarang keras membawa barang-barang yang membahayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here