Beritainternusa.com, Purwakarta – Mendengar kata ‘Jatiluhur’ sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya​. Nama Jatiluhur sendiri diambil dari salah satu nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, yaitu Jatiluhur. Mengapa bendungan Jatiluhur menjadi salah satu destinasi wisata air serbaguna?

KarenaWaduk Jatiluhur merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1957. Awalnya waduk ini difungsikan sebagai irigasi dan pembangkit listrik. Belakangan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya ikan air tawar dan bahan baku air minum. Seiring dengan berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata terkenal di Kabupaten Purwakarta, karena memiliki panorama yang indah, sehingga dijadikan sebagai potensi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan.

Bagaimana tidak, Waduk Jatiluhur sanggup menarik minat wisatawan lokal maupun domestik bahkan mancanegara untuk berkunjung. Sekarang tempat wisata yang merupakan muara sungai Citarum berukuran 8,3 ribu hektar ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Misalnya saja beragam sarana rekreasi dan olahraga air, seperti selancar angin, dayung, ski air, berenang, memancing, berperahu mengelilingi waduk, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan waktu wisatawan dalam menikmati keindahan dan fasilitas di tempat wisata ini, banyak investor menawarkan bungalow yang bisa disewa pengunjung untuk beristirahat melepas lelah.

Taman air ini menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer dan difavoritkan sebagai destinasi wisata keluarga. Ada banyak wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan di sana, keindahan Waduk Jatiluhur tidak terelakkan lagi. Tidak hanya keindahan yang ditawarkannya, melainkan beragam manfaat pun dapat diperoleh dari sana, misalnya budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri.

Ketika waktu siang atau dalam heningnya malam kita dapat memancing dengan penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar hasil tangkapan sendiri.

Kita juga dapat menyewa kapal untuk berkeliling ke sebagian area waduk, untuk menikmati panorama Gunung Tiga Menara yang nampak begitu indah dari tengah waduk.

Ditengah tengah waduk Bendungan Jatiluhur terdapat beberapa rumah makan apung. Pengunjung dapat menikmati sajian ikan bakar di sana dengan view perbukitan yang begitu indah. Selain di rumah makan apung,  dapat juga menikmati sajian kuliner di pinggir waduk.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta nampak serius menggarap spot wisata ini. Hal tersebut terlihat dari lengkapnya fasilitas  dan wahana yang tersedia di sana, seperti: Hotel, Bungalow, Camping Ground, Waterboom, Wahana mendayung, selancar angin, Ski air, Kapal Pesiar dan lain-lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here