Foto: Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, mengimbau pelaksana proyek untuk mengutamakan keselamatan kerja

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Tujuh orang pekerja tertimpa tiang girder proyek Tol Becakayu di Kebon Nanas, Jakarta Timur, yang ambruk. Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, mengimbau pelaksana proyek untuk mengutamakan keselamatan kerja.

“Sebetulnya kita sudah sering menyampaikan imbauan ke pelaksana-pelaksana. Bukan proyek ini saja ya, tapi proyek-proyek besar. Pertama, K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) harus dilakukan. Kedua, harus dicover dari BPJS, itu yang selalu kami minta. Kami peninjauan secara berkala di setiap proyek,” papar Bambang saat berada di lokasi kejadian, Jl DI Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Bambang menyebut akan berkoordinasi dengan Sudin Tenaga Kerja untuk memastikan para pekerja tersebut mendapat asuransi.

“Nanti saya akan koordinasi dengan Sudin Tenaga Kerja berkaitan dengan Ketenagakerjaannya apakah sudah diasuransikan apa belum. Yang jelas kalau perusahaan kayak gini mengasuransikan semua pekerja,” ujar Bambang yang berniat menjenguk para korban di rumah sakit.

Bekisting pierhead proyek tol Becakayu ambruk pukul 03.40 WIB. Akibatnya 7 orang pekerja luka-luka. Saat ini 6 orang dilarikan ke RS UKI sementara 1 lainnya dirujuk ke RS Polri. PT Waskita Karya selaku kontraktor menegaskan bagian yang ambruk merupakan bukan tiang pancang atau tiang penyangga.

“Kami ingin meluruskan bahwa bukan tiang pancang/tiang penyangga yang roboh seperti pemberitaan, tetapi bekisting pierhead,” kata Kepala Divisi III PT Waskita Karya Dono Parwoto, PT Waskita Karya dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (20/2/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here