Beritainternusa.com, Jakarta – Kecelakaan pada pengerjaan proyek marak terjadi belakangan ini. Ombudsman menilai banyaknya kecelakaan kerja itu membuat kondisi dari awalnya berstatus krisis menuju darurat.

“Presiden Jokowi dan menteri-menteri terkait perlu segera mengevaluasi kondisi ini yang sudah tergolong krisis menuju darurat keselamatan,” ujar anggota Ombudsman Alvin Lie dalam keterangannya, Selasa (20/2/2018).

Alvin mengatakan maraknya kecelakaan proyek yang terjadi mengindikasikan adanya potensi maladministrasi pembangunan. Sebab itu, butuh tindakan untuk mengatasi serta mengantisipasi kejadian tersebut.

“Kecelakaan beruntun pada sejumlah proyek infrastruktur dalam 3 bulan ini sudah mengindikasikan adanya potensi maladministrasi dalam pembangunan infrastruktur secara masif dalam waktu yang bersamaan,” kata Alvin.

“Perlu tindakan luar biasa untuk menghentikan kecelakaan-kecelakaan ini dan mengantisipasi kecelakaan-kecelakaan berikutnya. Tidak bisa business as usual,” imbuhnya.

Kecelakaan proyek yang dimaksud salah satunya terjadi pada hari ini. Tiang proyek Jalan Tol Becakayu ambruk diduga karena bracket timber kurang kuat.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Yoyon Tony Surya Putra mengatakan tujuh pekerja mengalami luka-luka. Enam pekerja dirawat di RS UKI, sedangkan 1 pekerja yang mengalami kritis dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here