Foto: Gedung Kejagung.

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum (Jampidum) pada Kejagung, Noor Rachmad mengatakan kemungkinan akan kembali menunjuk jaksa Ali Mukartono dalam sidang Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ali merupakan Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus Ahok dalam perkara penistaan agama.

“Saya yakin juga akan saya akan tunjuk dia. Dia (Ali Mukartono) kan jaksa yang mengikuti dari awal kan,” kata Noor di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Namun, penunjukan jaksa akan dilakukan setelah surat panggilan dari Mahkamah Agung diterima. Penetapan jaksa juga akan dilakukan setelah Noor melaporkan ke Jaksa Agung.

“Tapi saya akan lapor Jaksa Agung dulu bagaimana perkembangan masalah ini. Kalau ada panggilan ya nanti akan kita siapkan siapa yang ditunjuk nanti sesuai dengan perintah,” sambungnya.

Noor mengatakan meskipun Ali saat ini telah menjabat sebagai Kajati Sumatera Selatan, tak menutup kemungkinan dia yang akan ditunjuk. Karena Ali dinilai telah menguasai materi perkara.

“Ya pindah ke Palembang. Tapi juga bukan tidak mungkin, karena kita kan pengen yang tahunya dari awal,” ucap Noor.

Sebelumnya, MA telah menunjuk majelis hakim yang akan memproses permohonan PK dari Ahok, terpidana kasus penistaan agama. Sidang perdana digelar akhir bulan ini.

“Setelah menerima penetapan tentang penunjukan hakim pemeriksa permohonan upaya hukum peninjauan kembali, maka hakim telah menetapkan tentang hari sidang pertama pada hari Senin tanggal 26 Pebruari 2018,” ujar Karo Hukum dan Humas MA Abdullah, Senin (19/2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here