Beritainternusa.com, GUNUNGKIDUL – Pantai Sepanjang yang ada di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul ditetapkan sebagai rintisan Pantai Ramah anak yang ada di Gunung Kidul.

Pantai ini ditata sedemikian rupa demi menjamin keselamatan dan kenyamanan anak saat berwisata. Koordinator Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)Pantai Sepanjang , Sutono mengatakan, Pantai RamaAnak ini telah dirintis sejak 2016 lalu dan terus dikembangkan sampai sekarang. Pantai ini merupakan kelanjutan dari pencanangan Desa Kemadang sebagai desa ramah anak.

“Pantai Ramah Anak merupakan layanan khusus bagi wisatawan yang memiliki anak saat berwisata kePantai Sepanjang . Hal ini merupakan pengembangan adanya status Desa Kemadang yang lebih dulu dicanangkan sebagai desa ramah anak,” ujarnya. Sutono mengatakan, melalui Pantai Ramah Anak ini anak-anak dapat dengan aman dan nyaman berwisata di pantai.

Sebanyak 20 relawan bertugas mengawasi dan mendampingi anak yang tengah berwisata diPantai Sepanjang .”Relawan mengawasi anak berasal dari pelaku wisata, anggota Pokdarwis dan Karang Taruna Desa. Mereka bertugas mengingatkan, hingga mengawasi anak yang tengah berwisata,” ujarnya.

Selain relawan yang bertugas mengawasi dan mendampingi anak, pengelola Pantai Sepanjang juga menyediakan permainan tradisional untuk anak seperti egrang dari bambu dan egrang dari batok kelapa.”Ini untuk mengenalkan permainan tradisional yang kurang diminati kepada anak-anak, agar mereka lebih tahu. Semua fasilitas gratis tidak ada tambahan,” terangnya.

Sementara Iitu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul , Harry Sukmono mendukung langkah yang dilakukan oleh Pokdarwis Pantai Sepanjang dalam mewujudkan kawasan wisata yang ramah anak.Pengembangan tersebut menjadi bagian dari lingkup upaya pemberian atas hak-hak anak.Sehingga menambah kenyamanan pengunjung, Upaya ini diharapkan bisa ditiru oleh pokdarwis lainnya.

“Ini cukup menarik dan kami mengepresiasi upaya dari pokdarwis,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here