Beritainternusa.com,Jogjakarta – Sebanyak 11 siswa kelas 12 jurusan Tata Boga SMK BUDI MULIA DUA Yogyakarta mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Kamis (15/2/2018).

UKK kali ini menampilkan masakan khas Indonesia, di antaranya Lawu yang terbuat dari kelapa, kacang panjang dan cumi, Sup Ikan Kintamani terbuat dari ikan tongkol, wortel dan kentang.

Selain itu menu yang disajikan pada UKK ini yaitu Nasi Campur Bali yang terdiri dari nasi putih, ayam suwir, tempe kering, sate lilit dan ca kangkung dan menu penutup Gegicak Pisang Rai yang terbuat dari pisang rai, gegicak dan saus karamel.Internal Assesor Ani Syafaatun menuturkan, persiapan untuk UKK ini selama dua minggu.

“Proses UKK diantaranya pembuatan portofolio meliputi menu, resep, food costing, work plan, desain product dan kemasan, market list. Semua anak membuat satu portofolio sesuai menu yang dibuat,” papar Ani.Ani melanjutkan, untuk nilai minimal yang ditetapkan sebagai angka Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 8.0

“UKK ini ya syarat kelulusan. Karena ini rangkaian UN. UN khusus kejuruan ada ujian praktik kompetensinya. Apabila tidak lulus, bisa remedial. Tapi di Budi Mulia Dua belum pernah terjadi,” lanjutnya.

Budi/Tb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here