Gerbang Tol Cikupa Tangerang

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Dalam upaya peningkatan kualitas layanan sekaligus mendukung program pemerintah, PT Marga Mandalasakti yang mengelola Tol Tangerang-Merak telah menerapkan elektronifikasi di semua gerbang tolnya sejak akhir tahun 2017.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalaksakti, Indah Permanasari, mengungkapkan sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari kepada pengguna jalan tol di Barat Jakarta tersebut.

“Melengkapi peningkatan di bidang transaksi, Astra Infra Toll Road Tangerang juga turut mendukung program pemerintah dalam elektronifikasi jalan tol yang telah diberlakukan sejak 31 Oktober 2017 lalu,” ujar Indah di Jakarta.

Menurutnya, perseroan menyambut positif program transaksi tol menggunakan uang elektronik ini. Walaupun menghadapi tantangan tersendiri. Khususnya bagaimana mengubah pola pengguna jalan untuk bertransaksi dari manual menjadi elektronik.

Selain lewat focus group discussion (FGD), berbagai bentuk sosialisasi sudah dijalankan sejak akhir tahun 2016 seperti pemberian potongan harga bagi pengguna uang elektronik pada program arus mudik dan balik tahun 2016, serta program yang sama kembali diselenggarakan pada tahun 2017.

“Pemberian potongan harga sebesar 10% bagi pengguna uang elektronik juga dilakukan pada hari libur Idul Adha pada tanggal 28 Agustus sampai 3 September 2017 lalu. Hal ini untuk menarik minat pengguna jalan menggunakan uang elektronik sehingga penetrasi pengguna akan semakin meningkat,” papar Indah.

Diungkapkannya, kick off uang elektronik di ruas Tol Tangerang-Merak selenggarakan pada 6 Oktober 2017 bersama dengan Bank Indonesia Banten, Bank Himbara, dan Bank BCA Banten di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 43 Tol Tangerang-Merak.

“Dengan transaksi uang elektronik ini, waktu transaksi akan lebih cepat karena tidak ada lagi penghitungan dan pengembalian uang tol. Sehingga dapat memperkecil antrean serta kemacetan di gerbang-gerbang transaksi. Hal ini tentunya semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan pengguna jalan bertransaksi di jalan tol,” pungkas Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here