Beritainternusa.com, Jayapura – KPU secara serentak di 171 daerah akan menetapkan peserta Pilkada yang diumumkan melalui KPU masing-masing daerah. Gedung KPU Papua dijaga ratusan aparat dan disterilkan.

Untuk provinsi Papua, penetapan bakal pasangan calon Pilkada Gubernur dan 7 kabupaten ditetapkan melalui Pleno penetapan yang berlangsung di kantor KPU Papua, Jalan Soa Siu No 1 Dok II Kota Jayapura, Papua. Sejak pukul 07.30. WIT aparat keamanan dan Polres Jayapura kota dan Kodim 1701/ Jayapura menyiagakan sekitar 396 personil untuk melakukan pengamanan di Kantor KPU Papua.

Sementara di kantor KPU Papua terlihat kesibukan para staff di kantor tersebut mempersiapkan administrasi untuk lancarnya pelaksanaan rapat pleno.

Dari beberapa ruang di KPU Papua itu masing-masing sibuk ada yang mempersiapkan kartu pengenal (ID card) untuk peserta, undangan bahkan untuk wartawan yang akan meliput.

“Setiap orang yang masuk di ruang Pleno harus tercatat ya,” ujar Ketua KPU Papua, Adam Arisoy kepada petugas keamanan yang berada di pintu masuk Kantor KPU Papua.

Aparat keamanan tampak berjaga-jaga di setiap sisi kantor KPU Papua. Arus lalu lintas di depan kantor KPU juga dijadikan satu arah untuk menghindari kemacetan menuju kantor KPU Papua yang bersebelahan dengan Kantor Gubernur Papua.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas mengatakan, telah dilakukan persiapan dan apel pengamanan pagi pukuk 07.30. WIT di Taman Imbi, Kota Jayapura.

“Kesiapan pengamanan pleno hari ini sudah dipersiapkan sejak Sabtu (10/2) dan apel satuan sebelum ditempatkan di titik pengamanan terlebih dahulu dilakukan apel di Taman Imbi pukul 07.30. Wit pagi tadi,” ujar Kapolresta.

Titik-titik pengamanan berada pada sekitar kantor KPU Papua jalan Sio-siu yang bersebelahan dengan kantor Gubernur Papua, di depan kantor KPU Papua yang berada di laut ditempatkan satu kapal patroli Polair dan di belakang kantor KPU di Jalan Samratulangi (pertokoan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here