Foto: Jokowi hadiri dies natalis UI

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengatakan perguruan tinggi harus melakukan banyak inovasi. Jokowi mengatakan mahasiswa dan dosen bahkan harus mengubah rutinitas memasuki era revolusi industri 4.0.

“Agar perguruan tinggi menopang masa depan dalam melihat revolusi industri 4.0 inovasi, itu jangan lagi terjebak dalam rutinitas jangan lagi saya sudah katakan berulang-ulang. Kreasi-kreasi baru harus difasilitasi dan dikembangkan,” kata Jokowi, saat membuka sambutaanya di acara Dies Natalis ke 68 UI, di Balairung UI, Depok, Jumat (2/1/2018).

Jokowi mengatakan inovasi-inovasi baru membutuhkan fasilitas kampus untuk mendorong mahasiswa berinovasi. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya menyediakan co working space dan creative hub agar inovasi baru dapat dibiayai.

Jokowi mengatakan kampus harus dapat melakukan perubahan kurikulum baru dan cara riset penelitian yang dibenahi dan disesuaikan dengan perubahan.

“Artinya cara kerja perguruan tinggi harus inovasi, pendidikan perguruan tinggi harus ada kreasi baru. Kurikulum dan agenda riset harus segera dibenahi dan disesuaikan dengan teknologi baru,” kata Jokowi.

Ia meyakini kampus UI dapat melakukan terobosan baru dan inovasi baru dan menjadi contoh bagi perguran tinggi lainnya. Menurutnya, UI dapat menjadi contoh dalam inovasi berorganisasi dan melahirkan SDM yang kompetitif.

“Agenda perubahan selalu tidak mudah, saya yakin UI bisa melakukannya. Menjadi contoh bagi lahirnya inovasi dalam berorganisasi. Menjadi contoh dalam metode yang melahirkan SDM yang kompetitif. Menjadi contoh hilirisasi dalam persaingan global. Saya yakin UI mampu memberikan kontribusi besar bagi Indoensia maju yang kita cita-citakan,” kata Jokowi.

“Selamat ulang tahun ke-68, dirgahayu UI, majulah Indonesia menuju masa depan nan jaya, Indonesia maju. Terima kasih,” sambung Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here