Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Yusriah

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Yusriah Dzinnun sepakat dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penutupan Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Yusriah menuturkan, kewenangan terhadap Jalan Jatibaru dipegang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Itu kan jalan punya provinsi kan, bukan jalan nasional. Artinya itu masih kewenangannya Pemprov untuk mengatur apa dan bagaimananya,” kata Yusriah saat dihubungi wartawan, Senin (29/1/2018).

Yusriah mengatakan Pemprov telah merencanakan program untuk mengakomodir keluhan para sopir angkot. Di antaranya mengusulkan agar angkutan-angkutan umum yang biasa beroperasi di Jalan Jatibaru dapat menjadi feeder bagi Trans Jakarta sesuai dengan yang direncanakan oleh program Ok Otrip. Nantinya, angkot tersebut akan bermitra dengan Trans Jakarta.

“Mikrolet ini yang menolak-menolak itu kita sebenarnya berharap jadi feedernya TransJ. KWK (Koperasi Wahana Kalpika) kan sudah jadi mobil pengumpan kan. Mikrolet alangkah baiknya jadi pengumpan. Ada program-programnya ke depan. Bisa dibuka kemungkinan dengan program Ok Otrip,” tuturnya.

Soal penutupan Jalan Jatibaru, dia menyebut kebijakan tersebut bukanlah keputusan yang permanen. Akan ada evaluasi terhadap kebijakan tersebut per-tiga bulan. Yusriah pun menjadwalkan pemanggilan bagi sopir angkot untuk membahas hal tersebut.

“Kalau memang ternyata itu mengurangi penghasilan teman-teman (sopir angkot) mungkin nanti dilihat. Ini kebijakan bukan menetap tapi 3 bulan dievaluasi. (Komisi B) belum memanggil khusus mikrolet, kami baru (jadwalkan) pekan depan,” ujarnya.

Sebelumnya, sopir angkot yang biasa melewati Jalan Jatibaru melakukan unjuk rasa di kawasan Stasiun Tanah Abang, Senin (29/1) siang. Mereka mogok beroperasi karena menuntut Jalan Jatibaru, Tanah Abang, dibuka kembali.

“Saya sudah capek kalau misalkan diskusi lagi, diskusi lagi. Kalau mau gubernurnya yang ke sini, hari Rabu kita tunggu ke sini, gubernur yang datang ke sini,” kata seorang sopir angkot saat bertemu Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah di Kawasan Stasiun Tanah Abang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here