Foto SMAN 5 PALANGKA RAYA KALTENG

 

Beritainternusa.com, Palangkaraya – Empat hari tour studi (study tour) Siswa SMAN 5 Palangka Raya pun usai. Tour yang berlangsung Rabu s/d Sabtu, 24 s/d 27 Januari ini telah diikuti 117 siswa dan didampingi 10 tenaga pendidik dan kependidikan.

Tour ke Jakarta dan Bandung ini merupakan salah satu program sekolah untuk mengenal, belajar, dan sekaligus berwisata ke beberapa tempat yang dikunjungi.

Kepala sekolah, Drs. Arbusin, yang turut dalam tour mendampingi para siswa menyatakan bahwa tour studi merupakan program tahunan sekolah melalui program kesiswaan.

“Melalui tour ini kami berharap pengetahuan dan pengalaman siswa bertambah. Mereka bisa mendekat langsung objek wisata dan lembaga pendidikan tinggi yang ada di luar Palangka Raya atau luar Kalimantan Tengah. Mudah-mudahan tour ini dapat membuka dan menambah wawasan. Tentu juga untuk memotivasi mereka agar selepas SMA mereka dapat menentukan pilihan terbaik dalam melanjutkan pendidikan,” jelasnya.

Selama empat hari tuur, beberapa tempat telah dikunjungi dengan penuh kegembiraan para siswa. Apalagi sebagian dari mereka ada yang baru kali ini melihat dan menginjakkan kakinya di kota Jakarta. Bahkan, ada pula siswa yang baru pertama kali ini naik pesawat terbang. Tentu sebuah pengalaman berharga untuk mereka.

Di Jakarta para siswa telah berwisata ke lokasi Kota Tua. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) juga telah mereka sambangi. Di lembaga pendidikan ini mereka bahkan sempat berdialog dengan pihak STIP dan mendapat banyak informasi tentang lembaga pendidikan yang terkenal banyak mencetak calon pelaut.

Foto SMAN 5 PALANGKA RAYA KALTENG

Hal yang tak kalah menarik bagi para siswa adalah bertandang ke stasiun TV Swasta. Di sini mereka sempat dilibatkan langsung sebagai penonton tamu dalam program Ini, yang biasa dimeriahkan oleh komedian, seperti Sule, Andrew Taulany, dan Nunung. Acara yang banyak diriuhi tawa dan tepuk tangan ini bahkan telah memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengikuti game dalam acara itu hingga memperoleh hadiah hiburan (door prize).

Jumat pagi dalam tour ke Bandung rombongan telah menyinggahi wisata belanja, kuliner, dan suvenir di wilayah Cihampelas. Maka berburu belanja atau sekadar melihat-lihat tanpa membeli apa pun bisa dilakukan di sini.

Menjelang salat Jumat, kami naik ke Plaza Istiqomah. Tampaknya ini sebuah bangunan besar yang difungsikan sebagai masjid. Sementara itu, lantai bawah ada sebuah sekolah dasar,  yakni SDIT Istiqomah.

Wisata ragam wahana permainan hiburan di Trans Studio memberikan kehebohan dan kegirangan yang meluap-luap. Sebuah masjid, yakni Masjid Agung Trans Studio yang juga berada di area ini sempat memanggil kami untuk singgah dan salat asar.

Sabtu pagi, Wisata Alam Tangkuban Perahu dengan kawah putih berasap belerangnya pun dikunjungi pula. Di lokasi yang menyimpan legenda Sangkuriang ini para siswa seperti mengisi liburan panjang. Banyak orang dari berbagai daerah yang juga bertamasya meskipun bukan hari libur atau waktu liburan di taman wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Subang.

Selanjutnya, dalam perjalanan pulang rombongan singgah makan siang di Restoran Pringsewu yang terletak di area istirshat (rest area) tol Cipali tepatnya di kilometer 101. Beberapa siswa dan guru pun dapat dapat melaksanakan salat zuhur berjemaah di masjid Martowijoyo yang berada di area ini juga.

Pukul 15.10 tiba di bandara Soetta. Sambil istirahat menunggu kepulangan, para siswa menikmati makan sore terakhir yang disediakan pengelola jasa perjalanan wisata.

Usai magrib robongan sudah berada dalam pesawat dan kembali ke Palangka Raya. Semoga tour yang telah dijalani dapat membangkitkan inspirasi dan energi positif untuk para siswa.

Pewarta           : Ady

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here