Jogja.beritainternusa.com, Gunung Kidul – Dalam Waktu dekat Bupati Gunungkidul bakal melakukan kocok ulang pejabat. Namun ada beberapa posisi calon kepala dinas yang sudah bocor ke publik. Beberapa nama yang mencuat diantaranya adalah Asti Wijayanti. Sekretaris Dinas Pertanahan dan Tata Ruang ini disebut sebut sudah pasti menjadi Kepala Dinas Pariwisata.

Pejabat inipun dikabarkan mengalahkan dua kandidat, masing masing Supriyadi yang kini menjabat Kepala Bidang Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan serta Siswanto yang kini menjabat Camat Wonosari.

Begitu juga Agus Hartadi yang juga dikabarkan menjadi Sekretaris DPRD Gunungkidul. Staf Ahli bupati Gunungkidul bakal dipegang Saptoyo serta Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan bakal dipegang Ali Ridlo.

Salafudin Suja, salah satu warga di Kranon, Kepek, Wonosari mengaku sudah mendengar beberapa kandidat kepala dinas tersebut yang nama sudah bocor ke publik. Bahkan nama nama pejabat seringkali dibicarakan bakal segera dilantik ” Iya katanya ada nama Asti Wijayanti jadi Kepala Dinas Pariwisata, lainnya ada pak Agus Hartadi,” ucapnya, Jumat (26/1/2018).

Dia berharap, penataan pejabat terutama Dinas Pariwisata bisa membawa pemberdayaan bagi masyarakat Gunungkidul. Isu pengembangan pariwisata harus dibangun dengan baik, dan tidak meninggalkan masyarakat.” Harapan saya putra daerah bisa berkiprah menjadi pejabat, dan memajukan daerah,” tuturnya.

Selain penataan yang bocor, beberapa isu putra daetah yang ikut dalam seleksi juga dikabarkan tersingkir. Diantaranya adalah Supriyadi dan Sugiyanto.

Supriyadi yang belum lama menyelesaikan program doktor ini kalah dengan Asti Wijayanti yang dikabarkan dekat dengan bupati dan digadang gadang bakal menahkodai dinas yang menjadi pendulang pendapatan asli daerah (PAD).

Begitu juga dengan Sugiyanto yang kalah dengan Ali Ridho untuk berebut kursi kepala DPAD.
Bocornya nama nama calon pejabat ini juga menyebar ke telinga para PNS. Beberapa PNS yang enggan disebutkan namanya juga mendengar adanya nama nama pejabat yang akan dilantik. ” Wah kalau itu nama-nama sudah menjadi rahasia umum, kata salah satu PNS di lingkungan Pemkab.

Ketika dikonfirmasi Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajat Ruswandono mengatakan bocornya nama kemungkinan besar dari prediksi dan asumsi saja. Nama nama yang muncul dianggap yang teratas dan menjadi nama yang akan dilantik.”Padahal belum tentu. Semua masih tergantung Ibu Bupati, saya saja belum tahu kok,” kilahnya.

Ketika disinggung pelantikan, Drajat mengaku rencananya hari ini Jumat (26/1/2018) namun karena masih konsultasi dengan KASN, maka besar kemungkinan Senin 29 Januari akan dilakukan pelantikan.” Semua baik eselon II, III dan 2selon IV,” tandasnya.

Menyebutkan tiga nama yang sudah lolos seleksi di masing masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan saat ini masuk di meja bupati.

Untuk Dinas Pariwisata ada nama Asti Wijayanti, Siswanto dan Supriyadi. Sekretaris DPRD muncul tiga nama masing masing Hery Sukaswadi, Agus Hartadi serta Marwatahadi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) ada nama Ali Ridho, Suhiyanto, dan Putro Saptowahyono.

Sedangkan untuk staf ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik muncul tiga nama yang lolos seleksi masing masing Saptoyo, Muhammad Arif Aldian, serta Markus Tri Munarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here