Kampung Akuarium Penjaringan, Jakarta Utara.

 

 

Beritainternusa.com, Jakarta-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun kembali Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara.Kampung Akuarium itu digusur pada April 2016 saat Pemprov DKI Jakarta dipimpin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). “Kan kampungnya (Kampung Akuarium) sudah dibongkar, sudah puing-puing. Jadi, kami ini mau membangun dari puing-puing,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (18/1/2018) malam.Anies menyampaikan, Kampung Akuarium akan dibangun ulang dengan mekanisme kolaboratif. Artinya, warga setempat aktif dilibatkan sejak awal perencanaan.”Jadi, warga itu bukan semata-mata sebagai customer yang kami lalu membuat rencana sendiri, jalan sendiri, tapi dibicarakan sama-sama,” kata dia.

Rencananya, Kampung Akuarium akan menjadi bagian dari obyek pariwisata sejarah. Kampung tersebut akan terintegrasi dengan obyek wisata sejarah lainnya di sekitar kawasan tersebut, seperti Sunda Kelapa dan Luar Batang.Sebelum Kampung Akuarium dibangun ulang, Pemprov DKI Jakarta membangun selter sebagai tempat tinggal sementara bagi warga.

Selter itu dibangun awal Januari 2018. Selter itu akan dihuni warga yang selama ini bertahan tinggal di atas tanah gusuran.”Kalau enggak salah 180-an KK (kartu keluarga)-nya yang nanti akan tertampung di selter itu. Itu hanya untuk yang masih tinggal di Akuarium,” kata Anies.Pada Jumat (5/1/2018), pembangunan selter di Kampung Akuarium mulai dilakukan dengan mendirikan tenda BNPB untuk hunian sementara warga.Dari pantauan Kompas.com, Senin (8/1/2018), tenda berwarna biru dengan ukuran 12×6 meter persegi telah berdiri di sisi timur kampung yang digusur pada 2017 lalu. Tenda itu telah dialiri listrik untuk menunjang aktivitas warga.Pekerja tengah mengerjakan pondasi bangunan selter di sebelah tenda tersebut.

 

 

 

Sumber: Tribun/MMB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here