Bakal cawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno.

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Puti Guntur Soekarno akan bertarung di Pilgub Jatim 2018. Padahal sebelumnya, Puti pernah melamar untuk maju di Pilgub Jabar 2018. Bagaimana sepak terjang Puti?

Cucu proklamator Sukarno ini awalnya niat maju ke Pilgub Jabar. Dia sempat dipertimbangkan PDIP sebagai cagub atau cawagub di Bumi Pasundan.

Niat Puti maju ke Pilgub Jabar tak main-main. Ia menghadiri ‘curah gagasan’ untuk mencari pemimpin di Jabar yang digelar PDIP. Di acara tersebut, Puti menyoroti indeks kebahagiaan.

“Berbicara masalah rakyat tentu indeks kebahagiaan, saya prihatin soal masalah HIV/AIDS, narkoba, dan KDRT yang tinggi,” kata Puti di Hotel Horison, Jl Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu (25/10/2017).

Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga pun menyebut nama-nama yang ikut ‘curah gagasan’ PDIP dipertimbangkan maju ke Pilgub Jabar. Puti salah satu nama yang dielus PDIP.

“Kami melihat memang bahwa yang menonjol dari internal itu ada Mbak Puti (Guntur), ada Pak Sutrisno, Bupati Majalengka,” kata Eriko.

Namun Puti tak jadi diusung PDIP di Jabar. PDIP akhirnya mengusung TB Hasanuddin-Anton Charliyan.

Sementara itu, situasi politik di Jatim sempat bergoyang ketika Abdullah Azwar Anas mundur sebagai cawagub Gus Ipul. Sejumlah nama, seperti Wasekjen Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Puti, dipertimbangkan mendapat slot jadi cawagub.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Puti jadi cawagub Gus Ipul. Keputusan ini diteken dalam surat bernomor 3938/IN/DPP/I/2018.

Pengumuman duet Gus Ipul-Puti akan disampaikan di sela acara HUT ke-45 PDIP siang ini di JCC, Jakarta. Pengumuman akan disampaikan Megawati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here