Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra dalam jumpa pers di Mapolres Inhil di Kota Tembilahan

 

Beritainternusa.com, Pekanbaru – Komplotan maling mengambil uang di brankas BRI sebesar Rp 1 miliar lebih di Kec Keritang Kab Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Otak pelakunya tidak lain Satpam yang bertugas di bank pelat merah itu sendiri.

“Dari oleh TKP dan beberapa petunjuk di lapangan, kita menduga adanya keterlibatan orang dalam bank itu sendiri. Penyelidikan kemudian diarahkan ke beberapa karyawan dan termasuk satpam di bank tersebut. Dari sana akhirnya terbongkar untuk menangkap 3 orang pelaku,” kata Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony Putra dalam jumpa pers di Mapolres Inhil di Kota Tembilahan, Kamis (4/1/2018).

Christian menjelaskan, tersangka inisial RI (26) sebagai Satpam BRI Unit Kota Baru Kec Kritang selaku otak pelaku. Dua tersangka lagi masih keluarga Satpam inisial Kah alias PL (61) dan SAP (32). Para tersangka ini masih berasal dari warga setempat.

“Awalnya kita mengamankan Satpan RI. Dari sana kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut, yang akhirnya mengakui perbuatannya membongkar brankas bersama dua tersangka lagi,” kata Christian.

Dari pengakuan tersangka RI, kata Christian, selanjutnya dua pelaku lainnya turut diamankan. Selanjutnya tim Polres Inhil, melakukan penelusuran untuk mencari barang bukti uang yang mereka bobol dari brankas sebesar Rp1,098 miliar.

“Akhirnya uang dari brankas itu berhasil disita yang disembunyikan di gudang padi tersangka. Uangnya masih tersisa Rp 998 juta. Sedangkan sisanya Rp 100 juta lebih di rumah ponakannya Kah inisial JS. Saat ini JS masih dalam pencarian,” kata Christian.

“Ketiga tersangka kita kenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” tutup Christian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here