Joko Widodo

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo pada Selasa (12/12) siang bertolak ke Istambul, Turki untuk menghadiri KTT Luar Biasa Negara-Negara Islam (OKI) terkait dengan situasi Palestina. Joko Widodo bertolak ke Turki dengan didampingi sejumlah menteri dan Ibu Negara, Iriana.

Kedatangan Joko Widodo ke Istambul Turki guna membahas klaim sepihak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Sebelum bertolak ke Turki Jokowi mengatakan dirinya akan menyatakan sikap dari rakyat Indonesia yang menolak pernyataan Donald Trump.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga memaparkan bahwa beberapa langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia baik bersama-sama maupun individu juga akan dibahas. Sejumlah hal lain juga akan dibahas guna membela rakyat Palestina.

Jokowi juga menyampaikan bahwa sikap keras pemerintah Indonesia tersebut akan disampaikan bersama-sama dengan negara-negara yang tergabung dalam OKI.

“Ini adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk secara bersama dan tegas menolak keputusan Presiden Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Pada kesempatan tersebut, saya akan menyampaikan penolakan kita, Bangsa Indonesia atas pernyataan Amerika Serikat,” papar Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi berharap bahwa dengan adanya pertemuan tersebut dapat membawa manfaat kepada Palestina. “Saya berharap, kunjungan ini dapat memberi manfaat nyata kepada perdamaian dunia khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here