Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya.

 

Beritainternusa.com, Jakarta – Pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya, berkomentar soal kesehatan kliennya menjelang persidangan perdana kasus dugaan korupsi e-KTP besok. Firman mengatakan kondisi kesehatan Novanto naik-turun.

“Memang kondisi beliau kan up and down ya. Jadi saya tidak bisa memastikan sehat betul, prima, tapi tentu perlu cek kesehatan,” ucap Firman di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

Dia menganggap kondisi kesehatan Novanto seharusnya jadi perhatian pimpinan KPK. Sebab, proses peradilan, menurut Firman, tidak bisa berjalan kalau kondisi kesehatan terdakwa sendiri tidak baik.

“Pemeriksaan yang wajar kami rasa perlulah,” ujarnya.

Soal kehadiran Novanto besok di pengadilan terkait kondisi kesehatannya ini, Firman tidak ingin menduga-duga. Hanya dokter yang bisa memastikan kondisi kliennya.

“Karena sebenarnya kan sudah ada banyak record tentang itu. Toh, kenapa harus maksa-maksa seseorang untuk hadir dalam pemeriksaan, sementara kondisinya nggak sehat. Tentu upaya memaksa hal seperti itu, ya nggak higienis dalam sebuah peradilan. Fairness process itu justru dimulai dari kondisi seseorang sehat atau tidak,” urainya.

Firman juga menilai tidak layak jika, misalnya, kondisi kesehatan seorang terdakwa tidak baik lalu dia tidak dihadirkan di sidang dengan prinsip in absentia. In absentia baru berlaku jika terdakwa keberadaaannya tidak jelas.

“Soal absentia, in presentia itu lawan dari in absentia. Memang sebenarnya prinsip kehadiran dalam hukum acara. Karena tidak mungkin kasus Pak Nov dihadirkan dengan prinsip in absentia, karena keberadaan dia (Novanto) jelas. Jadi, in absentia dimungkinkan kalau posisi status seseorang tidak jelas ada di mana. Jadi asas presentia paling penting,” Firman menjelaskan.

Setya Novanto akan duduk sebagai terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP, Rabu (13/12) besok. Dalam pemeriksaan hari ini, sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo, Novanto tampak tidak sesegar sebelumnya. Wajahnya tampak lesu dan sudah tidak ada sunggingan senyum di wajah Ketua DPR nonaktif ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here