Beritainternusa.com, Cirebon – Pelaksanaan peringatan Hari Nusantara 2017 yang digelar di Pelabuhan Muara Jati Cirebon memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan perayaan sebelumnya. Prajurit TNI AL bakal menunjukkan ketangkasan atraksi terjun payung.

Dalam pertunjukan kegiatan tersebut salah seorang prajurit TNI AL akan mendarat di perahu motor yang tengah berjalan. Demonstrasi aksi tersebut berhasil dilakukan pada sesi gladi di Pelabuhan Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (12/12/2017)

Dari beberapa penerjun yang dilibatkan, hanya Sersan Munandar yang ditugaskan untuk mendarat di perahu motor. Sementara, penerjun lainnya mendarat di dermaga dan di atas perahu karet. Munandar berhasil membuat prajurit TNI dan sejumlah orang yang menyaksikan gladi itu teriak histeris.

Munandar sukses mendarat mulus di perahu motor yang melu. Riuh tepuk tangan menyambut saat Munandar duduk manis di perahu motor.

“Terjun payung di jet ski (perahu motor) merupakan yang pertama kali kita tampilkan. Ini pembeda peringatan Hari Nusantara tahun ini dengan tahun sebelumnya. Kita latihan terjun payung selama empat hari. Besok acara puncaknya,” kata Letkol Marinir Sitohang selaku kordinator acara demonstrasi ketangkasan TNI AL.

Sitohang mengatakan sinkronisasi antara kecepatan perahu motor dengan penerjun payung menjadi penentu keberhasilan atraksi tersebut. Kendati dalam latihan berhasil, Sitohang mengaku masih perlu diasah.

“Akurasinya sudah 95 persenan ya. Kita terus memantapkan persiapan ini. Penerjun yang dilibatkan itu dari Detasemen Jalamangkara, Amfibi, dan Kopaska,” ucap Sitohang.

Bukan hanya atraksi terjun payung, acara Hari Nusantara 2017 menampilkan ketangkasan tim SAR saat simulasi penyelamatan tabrakan kapal di laut. Selain itu, tari sintren dan topeng menjadi suguhan yang tak kalah menarik.

Hari Nusantara 2017 ini mengambil tema ‘Gotong Royong dalam Kebinekaan di Nusantara guna Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim’. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewakili Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam acara puncak pada Rabu (13/12/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here