Deklarasi pemilu damai 2019 di titik 0 wonosari

Jogja.beritainternusa.com,Gunungkidul-Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul menggelar Deklarasi Pemilu damai pada jumat (22/3/2019) bertempat di titik 0, acara tersebut di hadiri dari berbagai unsur diantaranya,

Wakil Bupati Gunungkidul DR. Drs. H.Immawan Wahyudi SH.MH, Dandim 0730 Letkol Inf Noppy laksana armiyanto SH, Kepala kepolisian Resort Gunungkidul beserta jajaranya, Kepala Kejaksaan Gunungkidul, Kepala Pengadilan Negeri Gunungkidul, Ketua KPU DIY, Sekertaris Daerah beserta OPD Kabupaten Gunungkidul, Ketua Bawaslu dan komisioner,Pimpinan DPC/DPD partai politik beserta calon anggota DPRD, ketua tim pasangan calon Presiden dan wakil Presiden, ketua tim kampanye pasangan calon DPD,tokoh masyarakat dan pimpinan ormas se Gunungkidul.

Dalam sambutanya ketua KPU Gunungkidul menyampaikan ” dua puluh enam hari lagi kita menggelar pemilu serentak tahun 2019, pemilu serentak dengan lima surat suara,ini merupakan pemilu yang sepanjang sejarah pertama kali akan di gelar di Indonesia.

Tentunya berbagai dinamika dan tantangan akan kita hadapi bersama – sama,baik oleh peserta pemilu maupun masyarakat, pemilu serentak di tahun 2019 merupakan pertaruhan integritas, tidak hanya integritas bagi penyelenggara,namun juga bagi peserta pemilu maupun masyarakat.

Oleh karenanya di perlukan dukungan dan sinergitas dari berbagai pihak,serta pemahaman dan ketaatan kepada regulasi yang ada agar proses maupun hasil pemilu berkualitas dan dapat di pertanggung jawabkan.

Dua hari lagi tepatnya tanggal (24/3/2019) akan memasuki tahapan kampanye metode rapat umum,pelaksanaan kampanye dengan banyak menghadirkan masa,tentu perlu antisipasi dan menejemen pelaksanaan serta dukungan pengamanan yang ekstra serta ketaatan peserta pemilu terhadap peraturan dan perundang undangan yang telah di tetapkan.

Hal ini perlu mendapatkan perhatian kita bersama agar  penyelenggaraan pemilu di Gunungkidul dapat berjalan  dengan aman,tertib,damai,berintregritas tanpa hoaks politisasi sara dan politik uang, sehingga masyarakat bisa menikmati pesta demokrasi ini dengan gembira.

Kampanye harus senantiasa menjunjung tinggi Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 menjaga dan meningkatkan moralitas dan nilai – nilai agama serta jati diri bangsa,meningkatkan kesadaran Hukum memberikan informasi yang benar,seimbang dan bertangung jawab.

Pembacaan deklarasi pemilu damai ini tidaklah sekedar pembacaan naskah deklarasi yang di akhiri dengan penanda tanganan simbolis semata, namun menjadi komitmen bersama peserta pemilu dan di amalkan secara nyata sehingga kedewasaan dan kearifan dalam berdemokrasi di Gunungkidul dapat di rawat dan senantiasa terjaga sehingga akan terwujud pemilu yang tertib aman dan damai di bumi Handayani ini,”Pungkas ketua KPU.

Kemudian acara di lanjutkan dengan penanda tangganan Deklarasi Pemilu damai oleh pimpinan partai politik tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden, tim kampanye DPD dan para saksi.

Pewarta      : Supriyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here